Simposium internasional cairo 2016, what’s up?

Akhir-akhir ini para masisir (mahasiswa Indonesia di mesir) lagi ribut-ribunya membicarakan tentang perhelatan akbar mahasiswa indonesia seluruh dunia, yaitu Simposium Internasional atau disingkat dengan SI. Kenapa begitu ramai diperbincangkan? Setelah kami menelusuri nya ternyata SI ini akan dihadiri oleh sejumlah petinggi negara, yang tentunya akan membuat kota kairo ini ramai dengan kedatangan rombongan pejabat tinggi negara maupun instansi terkait. Kenapa SI ini begitu ramai diperbincangkan? Sebenarnya SI itu apa sih? Kenapa begitu banyak pejabat datang jauh-jauh ke kairo hanya untuk menghadiri acara SI ini?? Yuk kita bahas!

Sekilas Tentang PPI Dunia.

Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Dunia atau Overseas Indonesian Student Association Alliance (OISAA) merupakan organisasi para pelajar dan mahasiswa berkewarganegaraan Indonesia yang sedang belajar di luar negeri di pelbagai strata pendidikan/universitas (S1, S2, S3, Post Doktoral). PPI Dunia yang dibentuk pada bulan Oktober tahun 2007 dalam acara Konferensi Internasional Pelajar Indonesia (KIPI) di Sydney, Australia merupakan organisasi induk yang mencakup PPI dari 45 negara yaitu: Australia, Austria, Arab Saudi, Amerika Serikat, Afrika Selatan, Belanda, Belgia, China, Republik Ceko, Denmark, Finlandia, Hungaria, India, Inggris, Iran, Italia, Jepang, Jerman, Korea Selatan, Lebanon, Libya, Malaysia, Maroko, Mesir, Kanada, New Zealand, Norwegia, Pakistan, Perancis, Philipina, Polandia, Portugal, Rusia, Singapura, Spanyol, Swedia, Swiss, Sudan, Syiria, Taiwan, Thailand, Turki, Tunisia, dan Yaman.

 

Jadi, PPMI (Perhimpunan Pelajar Mahasiswa Indonesia) Mesir merupakan bagian dari organisasi PPI Dunia  itu sendiri, namun setiap PPI negara independen dalam mengatur organisasi PPI di masing masing negara

Sejarah SI.

Sejak awal dideklarasikan sebenarnya PPI Dunia telah mengadakan berbagai kegiatan sebagai bentuk kontribusi para pelajar dan mahasiswa Indonesia di luar negeri untuk Indonesia dan dunia. Salah satu acara tahunan yang rutin diselenggarakan PPI Dunia adalah Simposium Internasional (SI). Acara ini tak hanya berperan sebagai wadah evaluasi keorganisasian. Simposium Internasional juga merupakan ajang silahturahmi PPI 45 negara. Acara rutinan yang termaktub dalam pasal 9 AD/ART PPI Dunia ini merupakan sebuah diskusi tukar pikiran, pendapat serta gagasan yang bertujuan menelurkan berbagai solusi baik dari permasalahan yang muncul di Indonesia maupun mancanegara, dan yang hebat nya lagi, pemerintah memang merespon baik setiap gagasan yang dihasilkan pada setiap simposium, oleh karena itu keberadaan Simposium itu sendiri memang dibutuh kan juga oleh pemerintah

Den Haag, Belanda adalah tempat awal diadakannya Simposium Internasional PPI Dunia tahun 2009 silam. Kemudian berturut-turut London-Inggris, Kuala Lumpur-Malaysia, New Delhi-India, Bangkok-Thailand, Tokyo-Jepang, dan Singapura. Bedasarkan voting terbanyak pada Simposium Internasional 2015, Persatuan Pelajar dan Mahasiswa (PPMI) Mesir mendapatkan kehormatan sebagai tuan rumah untuk menyelenggarakan Simposium Internasional PPI Dunia ke-8 pada 24-29 Juli 2016.

SI

Tujuan pelaksanaan SI.

Simposium Internasional ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mempererat silaturahmi dan menjalin persahabatan yang kokoh antarpelajar dan mahasiswa Indonesia lintas negara, serta untuk menumbuhkan identitas kebangsaan dari berbagai aspek dan sudut pandang. Tak lupa, Simposium Internasional juga bertujuan untuk mengoptimalkan peran dan sinergitas pelajar dan mahasiswa Indonesia di luar negeri terhadap bangsa dan negara Indonesia. “Momen ini juga kami harapkan untuk menjadi ajang dialektika wawasan dan gagasan, yang kelak bisa direkomendasikan untuk kemajuan Indonesia. Bersama para ahli di bidangnya, Simposium Internasional ini kami harapkan pula untuk menambah ‘daya gedor’ perubahan yang selalu diupayakan bagi seluruh pelajar dan mahasiswa Indonesia, baik di dalam maupun di luar negeri,” kata Imdad selaku ketua simposium cairo

Demi meramaikan terlaksananya agenda tahunan PPI Dunia ini, dua buah lomba pre-event diadakan, yaitu lomba esai dan fotografi. PPI Dunia menyampaikan harapannya kepada seluruh civitas akademika di Indonesia untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Mengapa demikian? Kompetisi ini menjadi salah satu kesempatan emas untuk menuangkan gagasan dan pemikiran mencapai Indonesia yang lebih baik. Batas waktu pengumpulan karya memang sudah lewat. Namun, kegiatan ini jelas merupakan langkah yang patut diacungi jempol.  Karya-karya terbaik yang masuk ke pihak panitia Simposium Imternasional PPI Dunia 2016 pun disebutkan akan dibentuk menjadi bunga rampai. Melalu tulisan dan fotografi, PPI Dunia berharap mereka, bersama seluruh pelajar dan mahasiswa Indonesia, dapat menunjukkan keindahan Indonesia kepada dunia.

SI Cairo 2016 “Cairo says hello”

Pada pembukaan SI ke 8 pada tahun ini yang akan diadakan pada tanggal 26 juli-28 juli 2016 di cairo, terdapat beberapa pembicara yang akan hadir , salah satunya Syeikh Ahmad Thoyyib yang ,merupakan Grand syeikh Al-Azhar, lalu ada para petinggi negara dan para pakar dari berbagai bidang. Mereka berasal dari institusi pemerintahan maupun swasta. Seperti pak Mahfud MD (mantan ketua MK), lalu Luqman hakim syarifudin (Menteri Agama), dan beberapa pembicara lain nya. Tujuan para pembicara itu jauh-jauh datang ke mesir untuk mengahiri symposium ini tak lain dan tak bukan adalah untuk sama-sama mencari dan menuangkan gagasan yang akan dibawa pulan ke Indonesia, tentunya dengan harapan supaya Indonesia menjadi lebih baik kedepan nya.

Itu lah yang membuat SI kali ini begitu istimewa karena tidak hanya dihadiri oleh para petinggi negara Indonesia, namun juga petinggi negara mesir yaitu syekh ahmad thoyyib yang merupakan grand syekh azhar .Tidak hanya itu, selain dihadiri oleh mahasiswa dari 45 negara, pada hari pertama pembukaan SI ternyata dihadiri juga oleh 850 Mahasiswa indonesia di mesir, yang tentunya akan membuat perhelatan SI pada tahun ini menjadi lebih meriah, selain itu juga terdapat beberapa media massa nasional juga ikut meliput kegiatan SI ini diantara nya: NET TV, TV one, RRI , Radio PPI Dunia dan beberapa media cetak online lain nya.

Pada symposium kali ini, masisir juga berkesempatan untuk ikut SI hingga akhir, namun itu telah dibatasi oleh panitia dengan mengadakan lomba pembuatan opini dan panitia telah membuka lomba membuat opini bagi masisir yang ingin mengikuti ajang symposium hingga hari terakhr, dan tentunya hanya para pemenang lomba saja yang bisa mengikuti SI ini, pihak panitia SI mengatakan setidak nya akan ada 100 orang pemenang yang akan mengikuti symposium ini hingga akhir pelaksanaan nya.

Oleh karena itu wajar saja para masisir secara umum dan terkhusus nya kepada PPMI yang telah sibuk sibuknya mengurus dan mempersiapkan Simposium Internasional. Maka kita jangan ketinggalan juga, mari kita meriahkan SI ini dan tentunya berilah yang terbaik untuk bangsa dan negara.

Pada akhirnya acara SI pun telah berlalu, telah terpilih Intan (Presiden PPI Italia) sebagai koordinator PPI Dunia yang baru, kita berharap pemimpin PPI dunia yang baru bisa membantu para pelajar Indonesia di seluruh dunia untuk berkontribusi bagi bangsa indonesia.

oleh: Tareq Albana

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s