Segarnya Bersepeda di Kairo

 

Bismillahirrahmaanirrahiim

Yap, lama tak menulis di blog cukup membuat jari-jari saya bergetar lantaran tak sabar ingin menari indah di atas keyboard, hehe lebay banget yah?

Oke teman –teman setelah capek membuat karya tulis ilmiyah adakala nya saya membuat karya tulis yang agak nyantai dan mengibur(semoga). Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi pengalaman tentang bagaimana asyik nya bersepeda di kota seribu menara yaitu di kairo, Mesir.

Awalnya saya datang ke kota kairo dalam rangka berjuang, hehe berjuang menuntut ilmu maksud nya, saya melihat kota kairo yang sungguh mempesona apalagi di malam hari. Barisan bangunan tinggi dengan lampu kerlap kerlip nya yang sungguh merindukan setiap jiwa yang pernah hidup didalam nya. Setelah beberapa lama hidup di mesir, timbul keinginan untuk menjelajah kota kairo ini,  karena sudah 3 bulan saya tinggal di kairo saya masih rada-rada bingung dengan tempat ini dan itu, maklum lah anak rumahan seperti saya jarang explore tempat-tempat menarik yang sangat banyak di kota kairo ini. Akhirnya timbul juga keinginan saya untuk menjelajahi kota ini, maka atas dukungan orang tua, saya berkeinginan untuk membeli sepeda motor, eits, namun untuk membeli speda motor tidak hanya mahal, namun juga membutuh kan banyak pengurusan surat ini dan itu, seperti SIM dan STNK.  akhir nya setelah berdiskusi dengan abang saya, maka saya bertekad untuk membeli sepeda saja, karena selain harga nya yang murah dan juga tidak repot.

sepeda5grup

(bareng komunitas STAR BIKE)

Setelah membeli sepeda, esok nya saya berkeliling menyusuri indahnya kota kairo di pagi hari sekitar jam 07.00 CLT(cairo local time) begitulah orang menyebutnya. Saya hanya sendirian ketika itu,agak kurang menyenangkan rasanya kalau sendirian,namun saya tepis juga perasaan sepi itu dengan terus mengayuh, gayung pun bersambut, ada seseorang mesir datang dari arah berlawanan menghampiri dan mengajak saya untuk bersepeda bersama nya , dengan sedikit sungkan namun saya turuti juga keninginannya. Setelah 30 menit bersepeda saya terkejut bukan kepalang, kenapa? Karena dia ternyata adalah ketua komunitas sepeda terbesar di kota kairo, waw, saya terkejut tatkala melihat sekita 100 an lebih para pesepeda menyambut saya, dari berbagai kalangan, tua, muda, laki-laki, perempuan serta anak kecil pun ada, sungguh senang rasanya, mereka pun mengajak saya untuk konvoi bersama mereka. Mereka menamakan komunitas pesepeda ini dengan nama Star Bike. Sungguh nama yang bagus begitu pula dengan orang-orang nya yang ramah dan bersahabat, mereka senang karena dari sekitar 4000 lebih anggota star bike saya adalah anggota satu-satu nya yang datang dari luar mesir, artinya saya adalah satu satunya orang asing di komunitas mereka. Hehe asyik juga pikir saya, setelah itu mereka mengadakan diskusi tentang kesepedaan (hehe maksudnya diskusi hal-hal tentang sepeda) saling tanya jawab dan lain lain. lalu setelah itu dilanjutkan dengan konvoi bersepeda dengan jarak 20 kilo meter, lumayan jauh untuk orang gendut kaya saya. Setelah sampai ditempat tujuan kita ngumpul lagi lalu sarapan pagi bersama baru lah kembali ke posko utama yang pertama. Begitulah awal mula saya mulai berkenalan dengan klub sepeda terbesar di kairo ini, bagi teman teman yang ingin bersepeda juga silahkan kunjungi kairo atau bisa hubungi saya di nomor yang tertera di bawah ini, hehe emang nya lagi kuis apa :D. selain itu, mereka juga membuka penyewaan sepeda bagi yang belum mempunyai sepeda, dengan biaya yang cukup murh sekitar 25 pound mesir (45 ribu), kita bisa mengunjungi beberapa tempat menarik, dan tentunya kita juga bisa berolah raga.

Perlu diketahui guys, kalau di Indonesia olah raga sepeda merupakan olah raga yang biasa, namun kalau di mesir ini, bersepeda merupakan olah raga yang sangat bergengsi lho, orang yang bersepeda di kota kairo ini dianggap orang kaya, hehe, walaupun saya tidak kaya, tapi lumayan bahagia juga dianggap jadi orang kaya, jadi nya kalau saya bertemu dengan orang-orang, mereka menyapa saya dengan Bahasa inggris (walaupun kacau grammar nya) karena mereka menganggap saya bule (padahal emang bener kok).

12439378_1608654292791981_2126990971799780348_nsepeda4

(Bareng komunitas NUBIAN KNIGHTS)

Ada hal yang sangat saya sayangkan disini, yaitu kurang nya minat para mahasiswa mesir untuk berbaur dengan komunitas internasional seperti komunitas sepeda ini salah satunya, karena bagaimanapun sibuk nya kita belajar, hendaknya kita juga meluangkan  waktu untuk mengikuti event seperti ini, karena selain olahraga, kita juga menambah teman dari berabgai negara lho, kan asyik bisa sharing tentang berbagai budaya dan bangsa.

Alhamdulillah sekarang saya sudah aktif ikut berbagai even yang mereka selenggarakan, walaupun asik, namun bagi mahasiswa kere seperti saya ini juga pusing juga mikirin biaya ini dan itu karena mereka mengadakan acara selalu meriah, penuh dengan tempat tempat menarik dan tentu nya juga mahal bagi ukuran mahasiswa seperti saya, tapi saya boleh berlega hati karena mereka  mengadakan even even besar hanya sekali dua bulan, selebih nya mereka mengadakan even biasa yang murah meriah. Selain untuk memperbanyak teman, saya juga banyak mendapatkan berbagai ilmu pada komunitas positif ini salah satu nya saya bisa meningkatkan kemampuan Bahasa arab dan inggris saya di komunitas ini. Saya juga sudah menguasai sebagian besar lokasi lokasi wisata menarik di kairo ini, namun itu hanya sebagian saja, masih ada sebagian yang tidak sedikit pula jumlah nya. Nanti akan saya bagikan juga pengalaman saya mengunjungi berbagai tempat menarik. 😀

sepedasepeda2

(Bareng EGYBIKE)

Namun setelah sekian lama saya mengikuti berbagai komunitas sepeda, saya mulai memberanikan diri untuk membuat komunitas sepeda satu satunya bagi warga Indonesia di mesir, komunitas itu dinamakan komunitas GOWES KAIRO, komunitas ini diutamakan bagi masyarakat Indonesia secara khusus dan masyarakat internasional secara umum nya, alhamdulillah walaupun masih beranggotakan tujuh orang, tapi saya yakin akan banyak orang yang akan bergabung, mengingat bersepeda merupakan alah satu olah raga bergengsi di kairo ini.

aaaaasepeda3aaaa

(Bareng GOWES KAIRO)

Oke sekian dulu share pengalaman saya bersepeda di pagi hari kota kairo, nantikan tulisan saya selanjutnya ya guys :D.

sepeda 7

 

 

4 Comments Add yours

  1. Yusuf Muhammad berkata:

    Wih, saya juga suka bersepeda meski belum pernah gabung di komunitas sepeda apapun, hehe..

    Suka

    1. tareeeq berkata:

      haha, yuk mas, gabung sama aku di komunitas sepeda cairo.. wkwkwkw

      Disukai oleh 1 orang

      1. Yusuf Muhammad berkata:

        Wew, saya gabungnya “Komunitas Sepeda Bogor”, haha..

        Suka

  2. tareeeq berkata:

    wahh, boleh juga tuh, kapan2 ku main ke bogor 😀

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s